CASTRIONOFX CASTRIONOFX CASTRIONOFX

BLOG


TUTORIAL MEMBUAT WEB BLOG
MENGGUNAKAN LAYANAN
WORDPRESS DI

Oleh:
Amir Ali


ICT CENTER
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2010

I.  PENDAHULUAN

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Ada weblog yang bersifat non-interaktif, tapi banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan (misalnya interaksi antara dosen dengan mahasiswanya).
UNM Blog disiapkan sebagai media interaksi antara dosen dengan mahasiswa bahkan dengan sivitas akademika UNM. Dengan demikian fungsi UNM Blog dapat diartikan sebagai:
·    Media komunikasi dan publikasi diri.
·    Meningkatkan kemampuan pemanfaatan informasi TI.
·    Jadikan internet sebagai pusat belajar.
·    Jembatan dosen & mahasiswa.
Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan blog ini adalah:
·    Tata cara penulisan yang baik.
·    Metode analisa dan kesimpulan yang baik.
·    Tulisan dapat dipertanggungjawabkan.
·    Tidak menyinggung pihak lain
Cara membuat blog dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mendaftar disitus gratis atau disitus bayar. Yang gratis tinggal daftar di situs-situs jasa blog, seperti: blogspot.com/blogger.com, wordpress.com, livejournal.com dan masih banyak lagi.



II.  PERSIAPAN

UNM Blog menggunakan Layanan WORDPRESS. Sebelum membuat blog di UNM Blog,  ada beberapa hal yang perlu disiapkan diantaranya:
1.       Sudah memiliki acount e-mail di http://mail.unm.ac.id
Gambar 1. Tampilan http://mail.unm.ac.id
2.       Terkoneksi dengan server UNM Blog (http://blog.unm.ac.id), baik melalui  intranet, internet, maupun extranet.
Gambar 2. Tampilan http://Blog.unm.ac.id
3.       Memahami copy dan paste
4.       Memiliki rancangan isi blog
5.       Mengumpulkan bahan ( artikel, tulisan, materi kuliah, dll.)


III. MEMBUAT BLOG DI UNM BLOG (http://blog.unm.ac.id)
            Syarat mendaftar blog di http://blog.unm.ac.id adalah telah memiliki acount e-mail di http://mail.unm.ac.id. Bagi yang belum memiliki, silahkan menghubungi admin UNM. Untuk sementara pendaftaran e-mail masih dilakukan secara manual oleh Admin, disebabkan belum terintegrasinya database  di UNM.
Tutorial di bawah ini merupakan panduan membuat blog di http://blog.unm.ac.id:
1. Buka http://blog.unm.ac.id
Gambar 3. Mendaftar di http://blog.unm.ac.id
2. Klik Daftar seperti ditunjukkan pada gambar di atas, akan muncul
Gambar 4. Tampilan ketika Mengklik Daftar di UNM Blog
3. Isi form:
Gambar 5. Mendaftar UserName dan E-mail di UNM Blog
a. Username: -> isi nama blog sesuai dengan keinginan (paling sedikit empat huruf/angka)
b. Email Address: Isi email Anda (apabila belum punya, buat dulu di http://mail.unm.ac.id)
c. Beri tanda tik pada menu “Gimme a blog” (biasanya sudah otomatis ada tanda tik di sini).
d. Klik “Next”.
Akan tampil:
Gambar 6. Memberi Judul dan Alamat Blog di UNM Blog
e. Blog Name -> Isi Nama Blog yang sesuai.
f. Blog Title -> Isi Judul yang sesuai.
g. Klik Sign Up.  Akan tampil:
        Gambar 7. Proses Memberi Judul dan Alamat Blog Berhasil
4. Cek e-mail di (http://mail.unm.ac.id) untuk melihat e-mail yang dikirim Wordpress, lalu klik link yang dikirim Wordpress untuk verifikasi.
Akan muncul pesan sebagai berikut:
Your account is now active!
You are now logged in as (username Anda).
An email with your username, password, Akismet API key and important links has been sent to your email address.
Write a post, change your template or visit the homepage.

5. Itu berarti Anda sudah berhasil membuat blog di UNM Blog. Silahkan login ke blog Anda. Berikut alamat penting untuk Anda:
a. Untuk login, buka: http://blog.unm.ac.id/namabloganda
b. Isi username (=nama blog) dan password.
c. Klik “Write” atau “Tulis” untuk mulai membuat posting.
d. Klik “Publish” atau “Tampilkan
6. Selesai (kalau sudah selesai, jangan lupa klik “Log Out”).
IV.     POSTING TULISAN DI UNM BLOG
Untuk  melakukan posting tulisan di UNM Blog, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Login ke akun UNM Blog, dengan link ke http://blog.unm.ac.id/
Gambar 8. Log in di http://blog.unm.ac.id/
  1. Masukkam UserName dan Password..
Gambar 9. Masukkan UserName dan Password
  1. Karena UNM Blog menggunakan  WordPress,  maka kita akan membahas navigasi yang ada di WordPress. Namun untuk saat ini kita belum akan mengenali semua navigasinya, tetapi sebatas bagaimana posting perdana..
Di WordPress terdapat fasilitas QuickPress, yaitu memposting dengan menu cepat. Jika kita ingin mem-posting dengan cara cepat (ditunjuk panah 2) tanpa harus masuk ke menu posting yang utama, maka form Quickpress ini  yang digunakan.. Cara kedua mem-posting adalah klik link dropdown yang ditunjuk panah 1 pada gambar dibawah ini.
Gambar 10.  Interface Halaman Admin WordPress
Perhatikan gambar di atas  telah diberi tanda panah dan penomoran  untuk masing-masing fungsi  di WordPress, berikut penjelasannya.
               







Gambar 11.  Navigasi Halaman Posting Admin WordPress
  1. Icon itu adalah untuk modifikasi post
  2. Menunjuk tulisan HTML. Kita bisa mengedit HTML untuk artikel yang nanti di publikasikan
  3. Menunjuk sebuah form, isi dengan judul postingan.
  4. Menunjuk kotak pengaturan posting, berhubungan dengan publikasi artikel, dimenu tersebut kita bisa mempublikasikan artikel, menyimpannya sebagai draft, melihat priview, mengatur privasi artikel, bahkan mengatur tanggal terbit artikel.
  5. Tag, berfungsi memberikan tag pada artikel. Di WordPress, kita bisa memberikan kategori lalu tag, ini sangat membantu pembaca untuk mencari artikel.
  6. Kategori,  seperti yang saya katakan di atas, kita bisa memberikan  kategori pada artikel. Lebih mudahnya, Tag itu adalah hal yang khusus dan kategori merupakan hal yang lebih umum.
  7. Excerpt, gunanya untuk memberikan sedikit gambaran terhadap posting-an yang telah dipublikasikan. Jika baigian ini dikosongkan, WordPress akan akan mengambil 40 kata pertama untuk dijadikan excerpt. Tetapi jika kita ingin mengisi form ini, isilah dengan beberapa kata kesimpulan dari posting-an. Excerpt sangat berguna agar blog kita lebih dikenali oleh mesin pencari.
  8. Trackback, berfungsi memberitahukan posting-an kita ke blog orang lain yang memiliki posting-an sama dengan kita. Ini hampir mirip dengan tukar post link. Trackbak ini sangat berguna untuk mengoptimalisasi blog kita di mesinpencari, karena saat kita trackback di blog orang dengan pagerank tinggi, kita akan ikut kecipratan ter-indeks di mesin pencari.
Mari kita  praktekkan posting tulisan kita untuk mengetahui hasilnya. Isilah form posting WordPress dengan artikel masing-masing yang akan dipublikasikan.
Ada beberapa keterangan yang mesti diperhatikan:
1.              Ad New Category: jika diklik, akan muncul menu dropdown dengan dua form. Form yang pertama adalah tempat mengisikan nama kategori, sedangkan form yang kedua menentukan apakah kategorinya merupakan parent category. Setelah ditentukan, klik Add untuk menambahkan kategorinya (klik Add juga untuk menambah tag pada fungsi Tag)
2.              Discussion: ada dua pilihan checkbox, yaitu Allow commonts on this post, jika dicentang maka memberikan ijin orang lain untuk berkementar di tulisan yang kita posting. Allow trackbacks and pingbacks on this post, jika dicentang maka memberikan adanya trackbacks dan pingbacks pada komentar postingannya.
3.              Publish: Jika semua sudah dianggap selesai, silahkan dipublikasikan tulisan/artikelnya dengan mengklik tombol Publish.

V.   NAVIGASI WORDPRESS
Navigasi di WordPress dibagi menjadi tiga bagian. Perhatikan gambar berikut.
 






Gambar 12.  Navigasi Halaman Admin WordPress
Bagian 1.
  • Dashboard, terdiri dari Dasboard, Blog Stats, Blog Surfer, My Comments, Readomattic, Tag Surfer, Subsriptions, dan My Blogs.
  • Upgrades, yaitu submenu untuk meng-upgrade versi WordPress.
Bagian 2.
  • Post, yaitu semua tentang postingan yang akan dan telah dibuat. Submenunya antara lain Edit, Add New, Posts Tag, dan Categories.
  • Media, yaitu tentang media yang akan kita sisipkan pada postingan dengan ekstensi jpg, jpeg, png, gif, pdf, doc, ppt, odt, pptx, docx. Submenunya meliputi Library dan Add New.
  • Link, mengatur link yang akan ditampilkan di Blog. Submenunya adalah Edit, Add New, dan link Categories.
  • Pages, adalah sebuah postingan independen dan tidak tergabung dengan postingan biasa karena ia ada dihalaman lain.
  • Comments, untuk mengatur komentar dari pengunjung yang masuk
  • Rating, mengatur apakah disetiap postingan akan diisi fasilitas rating dimana pembaca bisa merating artikel kita yang diposting. Terdiri dari submenu Settings dan Report.
  • Polls, menambah atau mengedit polling yang ditampilkan. Submenunya adalah Edit dan Add New.
Bagian 3.
  • Appearance,  untuk mengatur tata letak aksesori blog. Menu ini terdiri dari Themes, Widgets, Extras, Custom Header, Header Colors, dan Edit CSS.
  • Users, yaitu tempat mengundang orang yang boleh menulis di Blog atau menjadikan orang lain sebagai Admin. Selain itu disini terdapat menu untuk meng-update profil. Submenunya Authors & Users, Your Profile, dan Invites.
  • Tools, fungi untuk mengatur posting dengan submenu Tools, Import, dan Export.
  • Settings, yaitu menu yang mengatur Blog secara keseluruhan dengan submenu General, Writing, Reading, Discussion, Media, Privacy, Delete Blog, OpenID, dan Domains.
Jika dibahas satu per satu maka pembahasnnya akan panjang, nanti kita akan mencoba fungsi-fungsinya sambil belajar mempraktekkan.
Membuat Read More di WordPress
Di beberapa blog ada yang hanya menampilkan sebagaian awal dari halaman postingan, dan menambahkan sebuah link untuk melihat seluruh postingan dari sang blogger. Cara ini juga membuat tampilan blog lebih ringkas. Untuk membuat sebuah postingan dengan menu “More”, dapat dilakukan sebagai berikut :
Buat postingan baru atau edit postingan lama , sehingga tampilannya seperti ini :


Bawa kursor pada posisi dimana akan ditempatkan “Read More” link. Selanjutnya klik gambar :
Jika mode edit yang digunakan berada pada mode html, klik tombol “more”


Untuk berpindah dari mode html ke mode visual dapat dilakukan dengan mengklik menu visual atau html dibagian atas tombol – tombol editor.
Jika sukses, maka akan muncul sebuah baris, seperti gambar berikut :

 







Silahkan menyimpan postingan dengan mengklik menu update jika melakukan pengeditan dan menu publish jika membuat postingan baru. Periksa hasilnya dengan mengakses halaman yang menampilkan postingan tersebut (biasanya dihalaman depan).

VI. UPLOAD FILE
Pada bagian ini akan dijelaskan cara mengupload file gambar  dan file lainnya.
Upload Gambar
Sebuah posting blog akan lebih indah jika menyertakan gambar sebagai ilustrasi, sehingga membuat blog lebih bervariasi. Apalagi jika gambar yang ditambahkan memang sesuai dengan isi posting blog. Wordpress telah menyediakan fasilitas untuk mengupload gambar dan beberapa media lain, seperti video, suara dan file (dokumen).
Pada tahap ini kita akan mencoba menambahkan gambar pada sebuah postingan pada blog.
Cara 1: Mengupload gambar dari komputer
Cara ini berarti file gambar ada pada komputer pengguna, dan akan di upload ke server. Siapkan gambar yang akan ditambahkan pada halaman postingan. Buat postingan baru atau edit postingan yang lama. Pada bagian atas Editor terdapat sebuah menu “Add Media”:
 



Klik pada bagian yang paling kiri untuk menambahkan gambar
Wordpress akan menampilkan dialog untuk menambahkan gambar :


 







Silahkan pilih file dengan mengklik tombol : “Browse”, dan pilih file gambar dari komputer anda lalu klik “Upload”, akan tampil:
 






Tekan tombol “Insert into Post” untuk menyisipkan gambar pada postingan. Jika tidak ada kesalahan akan tampil postingan dengan sebuah gambar seperti berikut :
 







Buatlah penyesuaian sehingga tampilan gambar dan teks sudah sesuai dengan keinginan, yang paling umum adalah ukuran besaran gambar (bisa dilakukan dengan memilih Size, disebelah kiri gambar), dan tata letak (menu Alignment). Setelah melakukan penyesuaian, jangan lupa menekan tombol “Update”

Cara 2 : Menggunakan gambar dari Situs lain
Cara ini hampir sama dengan cara yang pertama, klik “Add Image” pada menu “Add Media”, selanjutnya muncul kotak dialog, dan pilih “From URL”. Isikan “Image URL” dengan halaman dari gambar (silahkan cari dari internet), Isikan juga “Image Title” dengan judul dari gambar, selanjutnya adalah penyesuaian layout pada bagian “Alignment”, setelah semuanya selesai akhiri dengan menekan tombol “Insert into Post”.
Kekurangan dari model seperti ini, jika si pemilik file gambar menghapus filenya maka, otomatis gambar akan hilang dari postingan blog.
Upload File
Cara meng-upload file hampir sama dengan meng-upload gambar. Cara ini cocok buat dosen yang memberikan materi kuliah di blog UNM.
 Klik Add Media:


Akan tampil:
 

Read More......